Heboh Ular Raksasa di Kalimantan

Ular Raksasa

Ular Raksasa

BARU-BARU ini, muncul sebuah foto udara yang membuat heboh Malaysia. Seekor ular raksasa berenang di Sungai Baleh, Sibu, Serawak, bagian utara Kalimantan yang masuk wilayah Malaysia. Hiii…ADVERTISEMENT Sebuah foto ular raksasa terlihat berenang melenggak-lenggok di sebuah sungai tropis yang dikelilingi oleh hutan gambut. Ular berwarna hitam itu sangat besar, hampir memenuhi sungai yang terletak di tengah-tengah hutan rawa yang rimbun. Air beriak di kiri kanannya. Kabarnya, foto itu diambil dari sebuah helikopter, 11 Februari 2009 lalu. Foto itulah yang menjadi perdebatan luas di Malaysia saat ini. Kalimantan memang memiliki ular-ular raksasa. Namun selama ini, ular yang besar yang baru ditemukan adalah sejenis sanca atau python atau masyarakat Kalimantan menyebutnya ular sawah, yang panjangnya belasan meter. Namun ular yang terlihat di foto dan beredar luas di internet, termasuk Youtube, jauh lebih panjang dan besar dibanding temuan python selama ini. Diperkirakan panjangnya 100 kaki atau sekitar 33 meter. Gambar tersebut diambil oleh anggota tim wilayah bencana banjir yang kemudian diterbitkan oleh Utusan Sarawak, sebuah koran lokal, pekan lalu. New Straits Times di Kuala Lumpur, juga memuat foto tersebut yang kemudian dirilis oleh The Telegraph, Inggris. Ada juga yang tidak mempercayai foto itu dan menganggapnya rekayasa semata. Hal ini karena terlalu jauhnya pengambilan gambar ular tersebut. Benar atau tidak, foto itu sudah membuat masyarakat di sekitar Serawak, khususnya Sibu, ketakutan. Sebab, sungai itu merupakan urat nadi transportasi masyarakat selama ini. Berdasarkan legenda yang hidup di masyarakat setempat, memang dipercaya tentang adanya anaconda di kawasan tersebut yang bernama Nabau. Menurut kepercayaan, Nabau merupakan ular dengan panjang 80 meter dengan kepala naga dan tujuh lubang hidung. Masyarakat desa yang tinggal di sungai Baleh Borneo mempercayai makhluk mistik tersebut. Selain itu, masyarakat memang sering melihat ular-ular besar di kawasan itu. Nah, pertanyaannya, bila foto itu asli, apakah ular yang terlihat itu sejenis python atau anaconda? Hingga kini memang belum ditemukan adanya anaconda di Kalimantan, kecuali dalam film Anaconda: The Hunt For The Blood Orchid yang laris itu. Rekor ular terpanjang saat ini memang anaconda (eunectes) dari Amazone. Anaconda merupakan keluarga boa. Panjang anaconda yang baru ditemukan adalah 50 kaki, namun para ilmuwan percaya ada anaconda yang panjangnya 80 kaki, bahkan 100 kaki dari temuan kulit ular tersebut oleh sebuah ekspedisi ilmuwan Inggris tahun 1992. Dalam keluarga anaconda, menurut situs lingkungan Mongabay, yang terbesar adalah anaconda hijau (Eunectes murinus). Panjangnya mencapai 43 meter. Python Asia adalah ular terpanjang kedua. Ilmuwan menyebutnya Asiatic Reticulated Python (python reticulatus). Python terpanjang yang ditemukan di kawasan Kalimantan panjangnya 33 kaki, dan merupakan rekor dunia sanca terpanjang saat ini. Para ilmuwan percaya panjang python bisa mencapai 50 kaki atau sekitar 15 meter. Bedanya, anaconda lebih langsing dan ahli berenang. Sementara python lebih gemuk dan hanya suka kelembaban, bukan di air. Anaconda menggigit mangsanya sampai mati sebelum menelan, sementara python menggunakan kekuatannya dengan membalut mangsa sampai tulang-belulangnya hancur atau tak bergerak lagi, kemudian ditelan bulat-bulat. Awal Februari, para ilmuwan menemukan fosil ular seberat sebuah mobil kecil. Ular itu diperkirakan bisa melumat binatang seukuran sapi. Monster sepanjang 45 kaki bernama Titanoboa sangat besar dan hidup dengan memakan buaya dan kura-kura raksasa. Beratnya mencapai 1,25 ton. Ia biasa merayap di sekitar hutan-hutan tropis Amerika Selatan 60 tahun silam. (yan/berbagai sumber)

~ oleh iwanrakelta pada Minggu, Februari 22, 2009.

82 Tanggapan to “Heboh Ular Raksasa di Kalimantan”

  1. giasa aja tuch….

  2. biasalah negara “MALINGSIYAL” GAK ADA IDE MAKANYA BUAT SENSASI EMANG RENDANG PADANG UDAH GAK PEDAS, REOG PONOROGO GAK LAGI MENARIK, BATIK GAK LAGI MENUTUPI KEMALUAN MEREKA, ANGLUNG UDAH KETINGGALAN ZAMAN….KASIHAN DEH KAMU PUNYA BUDAYA YANG MENCURI TERUS.

  3. mana ada tu,,,,,,,,gak usa prcya dgn hal2 yang gitu2,, klo blm liat yata,,,cuma foto doank,,,,

  4. ah itu beneran ada apa gak sich? boonk kali????????????

  5. yang bnr

  6. wakakakak

  7. aku percaya ada ular sebesar itu, bahkan lebih besar, tapi aku yakin itu bukan foto asli, tp cuma rekayasa, klo dilogika, dia akan merasa terganggu dg kberadaan helikopter meski jaraknya ratusan meter. yg ngga sih..

  8. dikalimantan memang besar2 ularnya tapi nggak mungkin sebesar itu sensasi Malaysia aja, kalau memang ada kita tangkap aja rame2 dan kuliti laku dijual = Rp. 200.000/m x 33 = Rp. 6.600.000,- ini belum dikencangi lho kulitnya jadi kali aja sendiri? ntar nggak lama lagi ada berita dari malaysia foto cacing tanah sepanjang 10 meter.

  9. Ha…ha..ha…, kalau nangkapnya aku nggak mau ikut, tapi kalau bagi duitnya mau ah, logika aja lah kalau lihat ular dari Heli sebesar itu pasti pilot nya mendekati ular itu untuk memastikannya sekaligus fotonya lebih jelas.

  10. dikalimantan memang besar2 ularnya tapi nggak mungkin sebesar itu sensasi Malaysia aja, kalau memang ada kita tangkap aja rame2 dan kuliti laku dijual = Rp. 200.000/m x 33 = Rp. 6.600.000,- ini belum dikencangi lho kulitnya jadi kali aja sendiri? ntar nggak lama lagi ada berita dari malaysia foto cacing tanah sepanjang 10 meter.

  11. untuk membuktikan ular itu ada apa nggak, kita rame2 nyelam ditempat itu siapa mau ikut ?

  12. gak percaya……
    masak sih ada ular kayak gituh…
    lagian kalo ada pasti uda punah..
    kayak dinosaurus ajah….
    gak usah main rekayasa2an agh…
    atau jangan2 ada harta karun lagi deket situ sehingga nakutin orang dengan ular pyhton segala….
    hayo….
    ngaku degh….
    pasti ada harta karun kan,,
    nakut2in orang supaya gak kesana….
    jahat banget sih bung!!!!!

  13. btw. udah panah liat ULAR terbang gga ?
    hho…banyak keanehan didunia ini,
    tapi…kita gg boleh pcaya gtu ajj klo blm liadh dengan mata kepala sendiri.
    apalagi malaysia……..oh good..

  14. .malingsia negara yg suka bikin rekayasa.

  15. masa si ad ular segede gitu ????

  16. Wuuuiiiiiiii … ULar klw seBesar itu PastI d’Kalimantan Udah Penuh DeNgan Orang Bule…(bulekan Jago’a Klw meneliti Yg gini2) ya ga siii Hehehhehe…..!!!
    TrusSs So paSti Gempar Donk d’SeLuruh Dunia…!!!
    Ya mungkin Mang benar Pas lagi ambil gambar(Foto2) Pas Ular itu numpang Lewat….Kata Ular Soal’a Lewat jkt macet bung…..HEhehehhe!!!

  17. wala wala masa iya sich, itu mah tambang putus yang lepas kendali ! ! ! ! he he he

  18. lah lamun jereh kite meh buohong…
    iku malah ule kadut ning cemberan….

  19. kalau dh tk percaya, tapayah nk kutuk kutuk !
    apa daaaa !

  20. Tp kenapa ngmbil’a dr jauh?? kan jd orrang yg mlihat gambar’a susah membayangkan sebesar app ular’a itt??

  21. aha,.. malaysia g bisa bkin poto yg bagus,.klw memang tu bner knpa g dri dket aj, mang helikopter g bisa lebih deket ngmbil gmbar’y….

  22. apaan tuh uler gede amat, gedean jg uler pny w, bwa telor truz pula

  23. aku percaya.ular kan matanya buta n cuma ngandalin indra pencium sbg sensor.kalian pcy ular naga gak…kata orang2 jaman dulu itu memang ada

  24. klo emang bener ada knapa malaysia g langsung tangkep n’ langsung di amati aja hehehe….

  25. ngibul, nyari sensasi

  26. hakan tah ku maneh eta sato… gedebul gede rahul…

  27. kali tuh ular ,habis dari MAK EROT……….

  28. itu naganya kapak 212 nya wiro sableng yg keluar dari pertapaan, lg survei ke malaysia… kira2 bisa gak malaysia diberi sekali pukul pake pukulan sinar matahari.

  29. wah tu ular bener2 deh!!!!! uda gw sureh jngn maen keluar tapi masih aza ngotot keluar

  30. Mana ada ular sebesar itu,bohong aja…

  31. ular mainan tu boongan

  32. mungkin ada…tahun 2003 di daerah perbatasan kaltim di temukan ular raksasa, ada karyawan perushaan penebangan kayu yang mengira itu bagian dari pipa gorong2 (sebesar drum) yang lama n berlumut, saat di coba diangkat dengan eksavator cakram, tiba2 gorong2 berlumut itu bergerak dan eksavator terbanting ke tanah…hal ini terjadi malam hari…gempar tuh camp penebangan….karyawan yg cuma ber 8 di camp itu pada kabur masuk ke dalam rumah camp….paginya gorong2 itu sudah tidak ada….

  33. malaysia pengen terkenal

  34. koq ngmbil gmbar’y dr jauh sie? itu rekayasa pa bneran? kl ngmbil gmbar’y lebih dket, wiieehhh…pasti lbih serem tu.., tp g’ percya ah..

  35. kalau ada ular yang sebesar gitu kenapa tidak dicari saja dan dimasukan kebuku rekor ULAR TERBESAR………….?

  36. Duh…ularnya kecil bget….
    Msh bsr ular gue mungkin….hahahahahaha
    Maling sial keparat………penipu,pengambil milik org

  37. Malaysia itu semacam apaan ya… ?? sungai apa ular ya ?? ular kaliiii !!

  38. DSAR MALING SIAL BISANYA NYONTEK DOANK….

    Bangsaaadeee…………..

  39. aduh uler kaya gitu mah di nuklir juga mateee……!!!

  40. mana ular na…….
    gambar na kurang geude……..

  41. kalau menurut saya ada tapi apa mungkin dia bisa nampak begitu cepat padahal itu cuma gambar doang kalau emang ada iya itu emang ke iseng apa mungkin cari sensasi doang aku harap ini nyata dan bukan rekayasa semata…

  42. jgn suka bikin sensasi..masa ular bisa berenang pas ditengah2,kalo bener ada kasih liat foto asll dari dekat,kan naik helikopter..knp ga langsung dekatin ambil foto dr dekat..

  43. itu mungkin memang ular benaaran,,,benar2 rekayasa,

  44. saya dari malaysia memanga foto itu tidak boleh di percayai…
    satu lagi ngapa ya,,kamu-kamu ini suka bangat ngatain sama malaysia,,apa buruk amat malaysia itu
    apa malaysaia ada menyerang kaliana semua
    kita satu rumpun,,,
    tinggalkan aja masalah-masalah kecil itu,,ngak ke mana di juangkan,,yg penting kita sesama ISLAM,,,tetap bersatu dan menentang musuh2 yg lebih berkuasa gaya yahudi laknat itu..

    gimana kalian semua,,aku generasi muda malaysia enggak mahu gaduh,gaduh tentang perkara yang gampang2 gaya gitu,,
    buka minda untuk mencari kedamaian di dunia dan akhirat..
    itu saja aku minta pada kalian,,

    salam,,,,

  45. ketika buka situs adobe reader

    saya mw belajar buat gambar .. dan salah satu contoh gambarnya .. gambar yang di pajang di atas

  46. wuih….! GEDE banget y ularnya

  47. desainner grafis yg biadab….

  48. yaella …. gua pleng geli sama yg nma ny ular ..,

  49. apa iya yah?jangan-jangan malaysia bikin ulah lagi

  50. knp klw da ular sgtu gd nya ga disiarin di TV j…
    dsr malaysia alay

  51. Tanggal,sekarang.:)koran berita kota memuat,tapi di kalimantan,bukan di malaysia,malaysia ngga punya uler,punya nya,boneka uler..

  52. Wah…jd lapar nih,liat ular segede githu!hehehe..

  53. yang pasti kita lihat itu bukan ulaaar..tetapi gambar ular ada di sungai..oalah mbok yang nyata-nyata aja..

  54. tgglkan kawasan itu kerane ade sekor ular yg anih….oleh itu org disitu harus berjger2 okkkk

  55. komentarnya koq bukan ulernya ya di bicarain…
    malah ngomongin malaysia truzzzzz .
    tp gk apa2 lah yang penting yang mbaca biar terbuka jg mata batin
    dan mata hatinya… kalo boleh mata beloknya jg dibuka biar ngeliat siapa sesungguhnya disekeliling kita..

  56. gk percaya…

  57. kalo di malaysia ada ular pencuri budaya, di indonesia ada ROBERT DAN ULAR pencuri duit bank century…. ha.ha.ha.ha

  58. ular ku lebih panjang lagi!!!!
    malah bs bikin para wanita merem melek!!!!
    hhahahahahahahahhahah…

  59. ular kecil kalau berenang kanan kiri air beriak. ular besar berenang tak banyak air beriak juga tak nampak ekor pula. kalau mau buat gambar bagus, belajar dulu banyak banyak. boleh? mari saya ajarkan baik baik.

  60. ularnya besar sekali,……

  61. gila……..
    itu ular atau alien sih ?
    gw kira itu alien
    sungguh kebesaran yuang maha esa
    semoga keajaiban dunia akan selalu ada
    AMIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIIINNNNNNNNNNNNNNNNN

  62. ih ngeri…..

  63. dulu kakek saya sering bercerita tentang ular sawah…di sungai kalimantan…..ular itu memang ada bah kan kakek saye pernah melihat dengan mata kepala sendri sewktu mancing di sungai….lokasi di pedalaman sungai mempawah….ular itu meyebarang sungai, kepala ular berada di sisi kanan sungai dan ekor masih di sisi kiri singai jd ular itu membentang sungai, lebar sungai kira2 50 m…..tak hanya ular yang sering d jumpai berukuran beras buaya….bakkan ikan tapah (sejenis ikan pemangsa) berukuran…..tempayan besar or bak air yang besar….di sini kami biasa menyebut nya dng sebutan “puake sungai”

  64. saye orang asli kalimantan barat……lw masih ragu….coba saja menyebrang…hulu sungai mempawah dimalam hari…atau…di “lubuk sauh” or “keramat jin” di sungai mempawah dngan berenang jika selamat, saya salut…he….

  65. wah…lw orang kalimantan sendiri yang ngomong saya percaya….

  66. dahulu kakek saya sering bercerita tentang ular sawah….dan ular itu memang ada bahkan kakek saya melihat dengan mata kepala sendiri…sewaktu memancing di sungai, lokasi…di hulu sungai mempawah…ular sawah itu sedang menyebrang sungai…kepala nya ada di sisi sebelah kanan dan ekor nya ada di sisi sebelah kiri jd ular itu membentang sungai. lebar sungai kira2 40 m.tak hanya ular yang sering dijumpai yang besar, buaya bakan ikan “tapah sanggat” (sejenis ikan pemangsa)berukuran besar seperti tempayan atau tong air ber ukuran besar…kami di sini sering menyebut nya “puake sungai” saya orang kalimantan barat asli..lw tidak percaya coba saja berenang menyemberang sungai mempawah di “lubuk sauh” atau di “keramat jin” di malam hari jika selamat saya salut hee….

  67. alaah gitoe aja diributin ,cari sensasi kali spya internasional heboh and negaranya dipandang .boekti doeng cuy

  68. no problem lah peace2 aja have fun

  69. gak percaya ini kan zaman modern, bukan zaman megantropus

  70. lar ularan mungkin

  71. ne bnaran . . .
    tman aq ada blg . . .di kawasan sna ada ular nabu. . .
    mungkin ular ne yg di sebut ular nabu. . .

  72. iueew..aku alergi sama ular..apalagi sama malaysia, tukang seterika org indonesia

  73. dasar malaysia ga PnX mOdaL……..GimANa Ce?BiSanya cUma nYURi TOOOOOOx

  74. wahhh enak kui bwt sate atu jual kiloan kan lumayan bwt OL setahun

  75. waaa itu nenek moyange ular itu hati2 atau jangan2 itu ratu ular dari selatan

  76. Mau bikin foto ular raksasa lagi? gampang aja ,pake aja ular beneran panjangnya 30 cm sudah cukup,terus di lepas di miniatur hutan ambil deh fotonya dari atas gak usah pake helicopter, pasti hasilnya fantastis….

  77. kira-kira segede ap ya ???? berapa kalinya manusia ????

  78. namanya ular setengah meterpun juga menyeramkan, ular tu binatang berbahaya yang halal untuk dibunuh,

  79. WALLOHUALLAM aja dah, kalau bener tuh ular ada pasti dia lg sial ke photi ma manusia. kalaau boong berarti emang bener si malingsia

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

 
%d blogger menyukai ini: